Kamis, 01 Januari 2015

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Tahukah kamu apa pengertian voip? Untuk tahu pengertian voip maka kita harus tahu dulu peanjangan voip adalah Voice over Internet Protocol yaitu Tehnologi yang jadikan media internet untuk dapat lakukan komunikasi suara jarak jauh secara segera. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar saat berkomunikasi di telephone dirubah jadi data digital serta diantar lewat jaringan berbentuk paket-paket data secara real time. 

Dalam komunikasi VoIP, pengguna lakukan jalinan telephone lewat terminal yang berbentuk PC atau telephone umum. Dengan bertelepon memakai VoIP, banyak keuntungan yang bisa di ambil salah satunya yaitu dari sisi cost terang lebih murah dari tarif telephone tradisional, lantaran jaringan IP berbentuk global. Hingga untuk jalinan Internasionaldapat ditekan sampai 70%. Diluar itu, cost maintenance bisa di tekan lantaran voice dan data network terpisah, hingga IP Phone bisa di lebih, dipindah serta di ganti. Hal semacam ini lantaran VoIP bisa dipasang di sembarang ethernet serta IP address, tak seperti telephone konvensional yang perlu memiliki port sendiri di Sentral atau PBX (Private branch exchange). 

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Itulah pengertian voip. APakah anda kini sudah tahu pengertian voip sebagaimana dijelaskan di atas? Setelah kita mengetahui pengertian voip, selanjutnya kita akan mengetahui cara kerja VOIP.

Cara Kerja VOIP 

Setelah tahu pengertian voip, selanjutnya prinsip kerja atau cara kerja VoIP yaitu merubah suara analog yang diperoleh dari speaker pada Computer jadi paket data digital, lalu dari PC diteruskan lewat Hub/Router/ADSL Modem diantar lewat jaringan internet serta bakal di terima oleh tempat tujuan lewat media yang sama. Atau dapat pula lewat melalui media telephone diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet serta dapat di terima oleh telephone tujuan.

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Untuk Pengiriman suatu Sinyal ke remote destination bisa dikerjakan secara digital yakni saat sebelum di kirim data yang berbentuk Sinyal analog dirubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), lalu ditransmisikan, serta di penerima dipulihkan kembali jadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter). Demikian juga dengan VoIP, digitalisasi voice berbentuk packets data, diantar serta di sembuhkan kembali berbentuk voice di penerima. Format digital lebih gampang dikendalikan, dalam soal ini bisa dikompresi, serta bisa dirubah ke format yang tambah baik serta data digital lebih tahan pada noise dari pada analog. 

Bentuk paling simpel dalam system VoIP yaitu dua buah computer terhubung dengan internet. Kriteria basic untuk mengadakan koneksi VoIP yaitu computer yang terhubung ke internet, memiliki sound card yang dikaitkan dengan speaker serta mikropon. Dengan support software spesial, ke-2 pengguna computer dapat sama-sama terhubung dalam koneksi VoIP keduanya. Bentuk jalinan itu dapat berbentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan paling utama dalam VoIP yaitu jalinan keduanya berbentuk suara. 

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya

Pada perubahannya, system koneksi VoIP alami evolusi. Bentuk peralatan juga berkembang, bukan sekedar berupa computer yang sama-sama terkait, namun peralatan lain seperti pesawat telephone umum terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP sangat mungkin terkait dengan PABX atau jaringan analog telephone umum. Komunikasi pada computer dengan pesawat (extension) di kantor yaitu sangat mungkin. Bentuk komunikasi bukanlah Hanya suara saja. Dapat berupa tulisan (chating) atau bila jaringannya cukup besar dapat digunakan untuk Video Conference. Berbentuk yang selanjutnya komunikasi ini lebih di kenal dengan IP Telephony yang disebut komunikasi bentuk multimedia juga sebagai lanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP berbentuk jaringan, peralatan serta media komunikasinya bikin VoIP jadi cepat popular di orang-orang umum.

Demikianlah pengertian voip dan juga cara kerjanya. Semoga artikel Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya ini bisa menjelaskan kepada anda mengenai pengertian voip dan cara kerja voip. Terima kasih anda sudah membaca Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya.


referensi:
mhs(dot)stiki(dot)ac(dot)id

Posted by: eko putra Blog Mobile Technology and Telecommunication Updated at : 06.25
ads

Creatif By : | Mobile, Technology and Telecommunication

Terimah Kasih telah membaca artikel Pengertian VOIP dan Cara Kerjanya. Yang ditulis oleh .Pada hariKamis, 01 Januari 2015.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blog seputar mobile, technology and telecommunication.

Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.